Mengenal Panel AMF ATS dalam Genset

 

Kebanyakan orang belum mengenal dan mengetahui apa itu panel AMF ATS terbaik. Kedua panel tersebut terdapat dalam genset. Biasanya panel ini terdapat pada instalasi gedung untuk mengantisipasi jika tejadi pemadaman listrik secara mendadak. AMF berasal dari Automatic Main Failure yang merupakan rangkaian listrik yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan genset maupun generator secara otomatis. Cara kerja panel ini yaitu apabila terjadi pemadaman listrik maka panel akan otomatis menghidupkan genset yang digunakan untuk mengalirkan sumber listrik dan jika listrik menyala maka otomatis genset akan mati

 

Sedangkan ATS berasal dari kata Automatic Transfer Switch yaitu rangkaian listrik yang digunakan sebagai saklar yang otomotis akan berfungsi ketika terjadi pemadaman listrik, baik pemadaman listrik yang mendadak maupun terencana. Cara kerja panel ATS yakni apabila terjadi pemadaman listrik maka secara otomatis panel akan mengubah sumber energi listrik lainnya contohnya genset, ketika listrik sudah menyala maka panel akan kembali ke sumber energi listrik yang berasal dari PLN serta secara otomatis genset akan mati. Kedua panel tersebut saling melengkapi satu sama lain, sehingga kedua panel itu tidak dapat dipisahkan dalam pemasangannya. Untuk genset yang memiliki sistem pengendalian digital tidak perlu memasang sendiri kedua panel tersebut karena sudah otomatis genset memiliki panel ini. Namun kita tetap perlu memeriksa terlebih dahulu untuk mengetahui apakah genset yang dimiliki sudah terdapat kedua panel tersebut, jika belumĀ  terdapat panel didalamnya berarti harus melakukan pemasangan panel sendiri.

 

Panel AMF ATSmembantu kita mempermudah dalam penggunaan genset sehari-hariĀ  ketika terjadi pemadaman listrik. Meskipun panel in membantu namun tetap saja dalam penggunaa genset tetap harus ada yang mengawasi mesin genset, seperti volume air radiator, volume oli, memeriksa jika terjadi kebocoran. Secanggih-canggihnya panel AMF ATSdalam genset tetap tidak bisa menggantikan manusia sebagai operator mesin, tetap harus ada manusia yang mempersiapkan genset sehingga panel ini akan bekerja secara baik dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *