Menyalakan Dan Mematikan Genset Rumah Tangga Dengan Benar

Seperti yang kalian ketahui, genset rumah tangga terbaik terdiri dari 2 jenis yaitu genset dengan bahan bakar bensin serta genset diesel yang menggunakan bahan bakar solar.Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya.Kalian bebas menggunakan kedua genset tersebut asalkan memang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Tapi, tahukah kalian sebenarnya ada perbedaan yang cukup besar saat kalian menggunakan genset bensin dan genset diesel?Dari segi tenaga tentu genset diesel jauh lebih unggul tapi bagaimana dengan lainnya?Seperti gas buang atau bahkan kebisingan?Untuk kedua hal tersebut jelas genset diesel kurang sesuai. Oleh sebab itu, kalian terutama para pemula harus mengetahui cara menyalakan kedua jenis genset tersebut agar tidak terkejut saat menggunakannya. Berikut beberapa tahapan menyalakan genset berdasarkan bahan bakar yang digunakannya.

  1.   Genset berbahan bakar bensin

Sebelum menyalakan genset, pastikan kalian melakukan choke genset lebih dulu.Yang dimaksud dengan ini sebenarnya adalah perubahan posisi genset agar mempercepat waktu menyala genset sesaat setelah dinyalakan. Usahakan choke ada di dekat karburator (biasanya memiliki logo segitiga) dan pastikan tuas choke berada di puncak logo segitiga tersebut. Selanjutnya, ubah saklar mesin/engine switch ke posisi menyala (on) lalu tempatkan tuas pengatur udara/choke ke posisi menyala (on).

  1.   Genset berbahan bakar solar

Secara umum, tahapan yang dilalui untuk menyalakan genset diesel hampir sama dengan menyalakan genset bensin. Namun, ada sedikit tips untuk pemula saat menggunakan genset ini pertama kali. Pertama, kalian harus memposisikan kunci kontak di posisi menyala (on) lalu diamkan selama beberapa saat.Kedua, pastikan tegangan pada layar menunjukkan nilai 12V atau 24V (tergantung pada accu yang dibutuhkan).

Sedikit tips bagi kalian yang baru mengenal genset rumah tangga untuk meneliti jenis genset yang kalian gunakan lebih dulu. Selain dibedakan berdasarkan bahan bakar yang digunakan, genset juga dibedakan atas cara penggunaanya. Ada genset yang dinyalakan secara manual namun ada pula yang elektrik.Jika genset yang kalian miliki maka sebaiknya saat dinyalakan kalian menarik koil dengan hati-hati dan perlahan

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *